IMPAIRMENT OF FIXED ASSET

Penurunan nilai aktiva tetap mengacu pada penurunan mendadak dari nilai (saat ini), dari manfaat ekonomi yang dapat dihasilkan karena kerusakan, usang, dll. Aset yang mengalami penurunan nilai adalah aset yang memiliki nilai pasar kurang dari nilai yang tercantum dalam neraca perusahaan. Ketika suatu aset dianggap mengalami penurunan nilai, aset tersebut harus dituliskan di neraca perusahaan ke nilai pasar saat ini.

Sementara depresiasi adalah penghapusan sistematis dari total biaya aktiva tetap ke laporan laba rugi untuk memenuhi prinsip pencocokan, kerugian penurunan nilai adalah penyesuaian satu kali yang diperlukan oleh perubahan eksternal atau internal yang tidak terduga.

Standar akuntansi mengharuskan perusahaan untuk mengevaluasi apakah aset mengalami penurunan nilai pada akhir setiap periode pelaporan. Indikator penting penurunan nilai termasuk kerusakan fisik, keusangan teknologi, kenaikan suku bunga, penurunan profitabilitas, restrukturisasi perusahaan, dll. Pengujian penurunan nilai dilakukan untuk mengidentifikasi apakah kerugian penurunan nilai harus diakui.

Penentuan Kerugian Penurunan Nilai Aktiva Tetap
Penurunan nilai terjadi ketika jumlah tercatat (nilai buku) suatu aset melebihi jumlah yang dapat dipulihkan. Jumlah terpulihkan adalah nilai manfaat ekonomi yang dapat kita peroleh dari aktiva tetap. Manfaat ekonomi diperoleh dengan menjual aset atau menggunakan aset. Oleh karena itu, jumlah terpulihkan sama dengan nilai wajar yang lebih tinggi dikurangi biaya untuk menjual dan nilai pakai.

Suatu aset dapat mengalami penurunan nilai sebagai akibat dari perubahan material yang merugikan secara materiil dalam faktor-faktor hukum yang telah mengubah nilai aset, perubahan signifikan dalam harga pasar aset karena perubahan dalam permintaan konsumen, atau kerusakan pada kondisi fisiknya. Indikator lain dari potensi penurunan nilai terjadi ketika suatu aset lebih cenderung untuk tidak dibuang sebelum tanggal perkiraan pembuangan awal. Akun aset yang cenderung mengalami penurunan nilai adalah piutang perusahaan, goodwill, dan aktiva tetap.

Akuntansi Penurunan Nilai Aktiva Tetap
Nilai total dolar dari penurunan nilai adalah perbedaan antara biaya tercatat aset dan nilai pasar item yang lebih rendah. Entri jurnal untuk mencatat penurunan nilai adalah debit untuk kerugian, atau pengeluaran, akun dan kredit ke aset terkait. Akun penurunan nilai kontra aset, yang memiliki saldo berlawanan dari akun aset terkait, dapat digunakan untuk kredit untuk menjaga biaya historis aset pada item baris terpisah. Dalam situasi ini, bersih aset, akumulasi penyusutannya, dan akun penurunan nilai kontra-aset mencerminkan biaya tercatat yang baru.

Setelah mencatat penurunan nilai, aset tersebut memiliki biaya tercatat yang berkurang. Dalam periode mendatang, aset akan dilaporkan pada biaya tercatatnya yang lebih rendah. Bahkan jika nilai pasar aset yang terganggu kembali ke tingkat semula, GAAP menyatakan aset yang mengalami penurunan nilai harus tetap dicatat pada jumlah dolar yang disesuaikan lebih rendah. Ini sesuai dengan prinsip akuntansi konservatif. Setiap kenaikan nilai diakui pada penjualan aset.

Praktik GAAP standar adalah menguji aset tetap untuk penurunan nilai pada tingkat terendah di mana ada arus kas yang dapat diidentifikasi. Misalnya, produsen mobil harus menguji penurunan nilai untuk masing-masing mesin di pabrik manufaktur daripada untuk pabrik manufaktur tingkat tinggi itu sendiri. Namun, jika tidak ada arus kas yang dapat diidentifikasi pada level rendah ini, dimungkinkan untuk menguji penurunan nilai pada tingkat grup aset atau entitas. Jika grup aset mengalami penurunan nilai, penyesuaian dialokasikan di antara semua aset dalam grup. Prorasi ini didasarkan pada biaya tercatat aset saat ini.

Depresiasi Aset vs. Penurunan Nilai Aset
Aset modal disusutkan secara teratur untuk memperhitungkan keausan tipikal pada item seiring waktu. Jumlah penyusutan yang diambil setiap periode akuntansi didasarkan pada jadwal yang telah ditentukan menggunakan garis lurus atau salah satu dari beberapa metode penyusutan yang dipercepat. Depresiasi berbeda dari penurunan nilai, yang dicatat sebagai hasil penurunan satu kali atau tidak biasa dalam nilai pasar suatu aset.

Ketika aset modal mengalami penurunan nilai, jumlah penyusutan berkala disesuaikan untuk bergerak maju. Perubahan retroaktif tidak diperlukan untuk menyesuaikan penyusutan sebelumnya yang telah diambil. Namun, biaya penyusutan dihitung ulang untuk sisa masa manfaat aset berdasarkan nilai tercatat aset baru pada tanggal penurunan nilai.